Sabtu, 12 Februari 2011

Aktifitas Fisik = Kognitif Anak?

Banyak orang tua yang tidak menyadari betapa pentingnya tahapan perkembangan anak. Salah satunya adalah merangkak, yang pada kenyataannya sangat penting bagi perkembangan neurologis bayi. Yang secara khusus membantu anak-anak untuk mengembangkan komunikasi yang baik antara kedua sisi otak mereka. Hal ini disebabkan oleh ‘cross crawling’ (‘merangkak menyilang’) merupakan gerakan natural mereka. Seorang anak merangkak harus menggunakan lengan kanan pada waktu bersamaan dengan kaki kiri dan sebaliknya. Otak kiri dan kanan menghubungkan bagian tubuh yang terpenting/vital yang penting bagi tubuh untuk berfungsi secara optimal dan secara khusus sangat penting bagi proses pembelajaran pada saat mereka tumbuh. Meningkatkan konsentrasi belajar dan membaca pada anak pada saat usia sekolah.
Sesuatu yang baru bagi Anda sebagai orang tua?
Ternyata merangkak juga membantu mengembangkan otot-otot (musculature) untuk siap melangkah. Dikombinasikan dengan otot perut pada saat pra-merangkak. Merangkak juga membantu untuk mengembangkan otot-otot untuk postur yang baik khususnya di leher. Di samping itu, merangkak juga membantu anak untuk mengembangkan otot-otot ekstensor punggung mereka agar siap untuk berdiri dengan tegak.
Jangan tergoda untuk menjadikan anak Anda untuk cepat-cepat belajar melangkah tetapi belajarlah untuk bersabar dengan bersama-sama si kecil bermain dan menikmati masa merangkak yang krusial ini. Hentikan penggunaan baby walker yang cenderung mendorong anak untuk langsung berjalan/melangkah tanpa melalui proses merangkak, dan biarkan anak Anda berkembang secara alami. Karena pada akhirnya, ketika tiba pada tahapan perkembangan neurologis, postur tubuh dan kemampuan belajar, sedikit keterlambatan pada perkembangan bayi sekarang akan dapat membantu mencegah ketelambatan perkembangan yang signifikan di kemudian hari.
Dan perlu diingat, bahwa apabila Anda masih kuatir akan perkembangan dari proses merangkak ke melangkah, atau bayi Anda tidak berkembang dengan pola ‘cross crawling’ (‘merangkak menyilang’) maka mungkin ada beberapa alasan perkembangan atau neurologis. Konsultasikan atau periksakanlah anak Anda kepada ahlinya, seorang Chiropractor atau ahli terapis mungkin dapat membantu Anda.
by Novita Tandry

Tidak ada komentar:

Posting Komentar